Sambut Harlah NU Ke-96, Ini Pesan Wapres Ma’ruf Amin

Sambut Harlah NU Ke-96, Ini Pesan Wapres Ma'ruf Amin
Sambut Harlah NU Ke-96, Ini Pesan Wapres Ma'ruf Amin/Foto: Kompas

Jakarta, Kanaltujuh.com –

Wakil Presiden Ma’ruf Amin menyampaikan perjalanan panjang Nahdlatul Ulama (NU) dalam mendampingi perjalanan bangsa Indonesia selama hampir 1 abad merupakan sebuah hal yang patut disyukuri.

Hal ini disampaikan Ma’ruf saat menyampaikan ucapan selamat hari lahir ke-96 NU pada menurut kalender masehi pada 31 Januari 2022 dan hari lahir ke-99 NU menurut kalender hijriah yang akan jatuh pada 16 Rajab 1433 H.

“Menyongsong 1 abad kelahirannya, kita patut bersyukur pada Allah SWT atas perjalanan panjang NU dalam mendampingi perjalanan bangsa Indonesia hingga saat ini,” kata Ma’ruf dalam keterangan video, Senin (31/1/2022).

“Karunia Allah tersebut kita syukuri dengan menjaga komitmen NU untuk terus menjadi mitra strategis pemerintah dan mengawal cita-cita luhur mewujudkan Indonesia adil, makmur, dan sejahtera,” jelas Ma’ruf.

Mantan Rais ‘Aam Pengurus Besar NU itu menuturkan, NU harus terus memperkokoh perannya seiring semakin beratnya tantangan yang dihadapi bangsa Indonesia.

Ia mengatakan, NU harus menjadi simpul pengunci ukhuwah islamiyah (persaudaraan antara sesama umat Islam), ukhuwah wathaniyah (persaudaraan kebangsaan), serta ukhuwah insyaniyah (persaudaraan sesama umat manusia).

Kemudian, kata Ma’ruf, NU juga mesti menjadi yang terdepan dalam upaya mempromosikan Islam wasathiyah (moderat), menguatkan sumber daya manusia Indonesia yang berakhlak mulia, serta memberdayakan ekonomi umat.

“Di tengah sebaran arus informasi yg sangat cepat, NU harus terus menjadi mata air kebenaran dan pesan perdamaian bagi seluruh masyarakat Indonesia,” pesannya.

Menurut Ma’ruf, NU memiliki potensi yang sangat besar dan harus dioptimalkan di tingkat nasional maupun global.

Ia menyebutkan, potensi tersebut mesti dapat dikonversi untuk menjadi kekuatan yang riil daam rangka pengabdian kepada agama, bangsa, dan negara.

“Untuk itu teruslah meningkatkan kemampuan lahirkan gagasan-gagasan inovatif dan perkuat kolaborasi dengan berbagai elemen bangsa,” jelas Ma’ruf.

Exit mobile version