Ledakan Tambang Batu Bara di Turki Tewaskan 22 Orang, Puluhan Masih Terjebak

  • Bagikan
Ledakan Tambang Batu Bara di Turki Tewaskan 22 Orang, Puluhan Masih Terjebak
Lebih dari 100 penambang batu bara sedang bekerja ratusan meter di bawah tanah pada saat ledakan/Foto: Nilay MEYREM COMLEK IHLAS NEWS AGENCY/AFP

Kanaltujuh.com –

Sebuah ledakan di dalam tambang batu bara di Turki utara menewaskan sedikitnya 22 orang, jelas menteri kesehatan Turki, sementara tim penyelamat berusaha membawa puluhan orang lainnya yang terperangkap di dalam tambang ke permukaan.

Iklan Komindag

Ledakan itu terjadi pada hari Jumat (14/10/2022) di tambang milik negara TTK Amasra Muessese Mudurlugu di kota Amasra, di provinsi pesisir Laut Hitam Bartin.

Menteri Energi Fatih Donmez mengatakan penilaian awal mengindikasikan ledakan itu kemungkinan disebabkan oleh fireamp – referensi untuk gas yang mudah terbakar yang ditemukan di tambang batu bara.

Ada 110 orang di tambang pada saat ledakan, Menteri Dalam Negeri Suleyman Soylu, yang melakukan perjalanan ke Amasra untuk mengoordinasikan operasi penyelamatan, mengatakan kepada wartawan. Sebagian besar pekerja dapat dievakuasi setelah ledakan, tetapi 49 orang terjebak di area fasilitas yang berisiko lebih tinggi, kata menteri.

Soylu tidak memberikan nomor untuk mereka yang masih terjebak, dengan mengatakan beberapa di antara 49 telah diangkat ke tempat yang aman.

Menteri Kesehatan Fahrettin Koca mengumumkan di Twitter bahwa 22 orang tewas dalam ledakan itu. Dia tidak mengatakan berapa banyak orang yang dibawa keluar dari tambang dengan luka-luka, tetapi mengatakan delapan orang dalam kondisi serius.

Beberapa tim penyelamat dikirim ke daerah itu, termasuk dari provinsi tetangga, kata badan manajemen bencana Turki, AFAD.

Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan mengatakan dia akan membatalkan semua pengaturannya yang lain dan terbang ke lokasi kecelakaan pada hari Sabtu.

“Harapan kami adalah hilangnya nyawa tidak akan meningkat lebih jauh, bahwa penambang kami akan ditemukan hidup-hidup,” kata Erdogan dalam sebuah tweet.

“Semua upaya kami ditujukan ke arah ini.”

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *