Jerman Deteksi Kasus Baru Covid-19 Varian Omicron

Jakarta, Kanaltujuh.com –

Jerman mendeteksi kasus Covid-19 varian Omicron yang pertama di negara itu. Pasien yang tertular varian itu diketahui usai kembali dari Afrika bagian selatan.


“Varian Omicron tampaknya sudah sangat kuat tiba di Jerman,” kata Menteri Sosial Negara Bagian Hesee, Kai Klose, seperti dikutip dari AFP, Sabtu (27/11).

Klose menyebut pasien terkait saat ini menjalani isolasi mandiri di rumah. Pasien itu pun diketahui baru tiba di Jerman pada 21 November 2021.

Penerbangannya dari selatan Afrika itu mendarat di Bandara Internasional Frankfurt. Pasien itu diketahui sudah mendapatkan suntikan dosis lengkap vaksin Covid-19.

Menteri Keuangan Jerman, Olaf Scholz, yang akan segera menjadi kanselir menggantikan Angela Merkel menekankan bahwa koalisinya akan melakukan segala hal yang mungkin untuk melawan pandemi corona, termasuk mengatasi varian Omicron.

Varian Omicron ditemukan pada saat Jerman dan banyak negara Eropa lainnya sedang bergulat dengan lonjakan kasus Covid-19.

Jerman mencatat 67.125 kasus baru pada Sabtu, menurut Institut Robert Koch untuk penyakit menular. Lebih dari 100.000 orang di Jerman meninggal karena Covid-19, katanya.

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) pada Jumat (26/11) mengklasifikasi varian B11529 yang muncul di Afrika Selatan sebagai SARS-CoV-2 “varian yang diwaspadai” dan menyebutkan bahwa varian itu kemungkinan lebih cepat menular dibanding varian lainnya.

Menurut WHO, tes PCR saat ini masih dapat mendeteksi varian tersebut.

Exit mobile version